Skip to main content

KOTA TOMOHON : Letak Geografis, Luas & Batas Wilayah Administrasi

Kota Tomohon

Kota merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang berdiri secara otonom sebagai sebuah daerah administratif. Dipimpin seorang walikota sebagai kepala daerah dan wakilnya, kota ini menjadi salah satu daerah yang cukup maju di antara beberapa daerah lainnya di Sulawesi Utara.

Kota Tomohon sendiri merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Minahasa yang didasarkan atas Undang-undang No. 10 / 2023 tentang Pembentukan Kab. Minahasa Selatan dan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara.

Letak Geografis Kota Tomohon

Secara geografis, Kota Tomohon berada pada 1°24’18,479” LU s/d 124°43’52,457” BT, dan 1°14’33,154” LU s/d 124°54’34,191” BT.

Luas Wilayah Kota Tomohon

Adapun Kota Tomohon sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 169,10 km/persegi. Dan hanya sekitar 1.17 % dari luas keseluruhan Provinsi Sulawesi Utara yaitu sekitar 14.500,58 km/persegi (BPS Sulut. 2022).

Kota Tomohon sendiri terdiri dari 5 (Lima) wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Utara dengan luas 60,60 km/persegi, Kecamatan Tomohon Selatan dengan luas 34,70 km/persegi.

Kecamatan Tomohon Tengah dengan luas wilayah 16,51 km/persegi, Kecamatan Tomohon Barat dengan luas 43,84 km/persegi dan Kecamatan Tomohon Timur dengan luas wilayah 13,99 km/persegi.

Batas-Batas Wilayah Administrasi Kota Tomohon

Batas wilayah administrasi pemerintahan Kota Tomohon terdiri dari : 

  • Sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Minahasa yaitu wilayah Kecamatan Pineleng dan Wilayah Kecamatan Tombulu.
  • Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Minahasa yaitu Kecamatan Sonder dan Kecamatan Remboken.
  • Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Minahasa yaitu Kecamatan Tombulu dan Kecamatan Tondano Utara.
  • Sebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Minahasa yaitu Kecamatan Mandolang dan Kecamatan Tombariri.
Persawahan di Woloan dan pemukiman Kelurahan Kayawu

Kota Tomohon sendiri nyatanya merupakan daerah yang tepat berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Minahasa dimana kabupaten ini mengelilingi wilayah administrasi Kota Tomohon.

Kota Tomohon berada kira-kira 25 km arah selatan dari pusat Kota Manado dan dapat di tempuh dengan berkendara dengan waktu antara 30 - 45 menit. Serta berjarak kira-kira 36 km dari Bandara Samratulangi Manado dengan waktu tempuh kira-kira 1-1,5 jam.

Luas dan batas wilayah Kota Tomohon serta letak geografisnya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2018 tentang Batas Wilayah Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.

Comments

Popular posts from this blog

WARUGA : Artefak Peninggalan Suku Minahasa

Waruga di Desa Sawangan, Minahasa Utara (foto : facebook.com) WARUGA : Bukti Peradaban Bangsa Minahasa Pada Masa Lalu Waruga merupakan kubur batu yang menjadi artefak budaya peninggalan Suku Minahasa pada masa lalu di Sulawesi Utara. Bentuknya menyerupai kubus serta beratapkan menyerupai rumah dengan berukirkan / relief motif artistik. Bagi masyarakat adat Minahasa, waruga memiliki nilai historis yang mengandung makna tentang asal usul serta perjuangan leluhur bangsa Minahasa. Hal mana waruga mengingatkan identitas, jatidiri dan sejarah kehidupan orang Minahasa dahulu kala. Waruga di Kayawu, Tomohon Kini, kubur batu waruga telah dialihfungsikan yaitu sebagai warisan budaya yang pemanfaatannya untuk objek wisata dan situs cagar alam budaya Minahasa. Definisi Waruga Dari Berbagai Sumber Dalam beberapa versi sumber, waruga memiliki beberapa definisi diantaranya: secara etimologis waruga berasal dari kata  'wawa'  yang artinya menyeluruh atau sepenuhnya. 'Ruga' ya

Ancaman Konflik Di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

Klaim seepihak jadi akar konflik  (instagram.com/isds.indonesia) Laut China Selatan telah lama menjadi sumber konflik yang kompleks dan menimbulkan ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, serta negara-negara tetangga di kawasan tersebut. Konflik ini berakar dari persaingan klaim atas wilayah maritim di Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya alam, seperti minyak, gas, dan ikan. Negara-negara seperti China, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam saling bersaing untuk menguasai wilayah tersebut, sehingga menimbulkan ketegangan dan potensi terjadinya konflik di kawasan tersebut. Namun, fokus utama dari artikel ilmiah ini adalah tentang ancaman konflik di Laut China Selatan terhadap kedaulatan Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kedaulatan atas sebagian wilayah Laut China Selatan, yaitu Kepulauan Natuna. Namun, klaim China yang meluas hingga ke wilayah Natuna mengancam kedaulatan maritim Indonesia dan menimbulkan ketidakstabilan di kaw